Social Icons

Kamis, 31 Oktober 2013

Tanya Jawab tentang Bata Hebel

(A) Pertanyaan umum dari pemilik rumah

Apakah produk Hebel Autoclaved Aerated Concrete (AAC) itu?
Hebel AAC adalah bata ringan pengganti batu bata tradisional.Terbuat dari campuran semen,pasir silica,kapur lalu dicampur air dan bahan pengembang setelah itu diproses Autoclave dengan diberi uap air tekanan tinggi.Bata Ringan AAC terdiri dari banyak gelembung-gelembung kecil yang membuat memiliki ketahanan terhadap panas 4-8 kali dibanding batu bata biasa. Karena itu dapat membantu penghematan energi untuk pemakaian AC (pendingin ruangan).
Mengapa Hebel AAC baik untuk kostruksi tembok?
Bata Hebel AAC memiliki banyak kelebihan seperti tahan panas dan kualitas insulasi yang baik. Insulasi terhadap suara telah diuji mengikuti ASTM E90 dan standar ISO 717, Dari hasil uji tes terbukti Hebel AAC sangat sesuai untuk partisi tembok.Ditambah lagi pembangunan konstruksi yang memakai AAC 3 x lebih cepat dibanding memakai batu bata biasa.Hebel AAC dipotong dengan sangat presisi sehingga menjadikan tembok yang sudah terbangun menjadi rata sehingga pemakaian bahan finishing untuk tembok menjadi jauh lebih irit.
Bagaimana dengan kualitas dari Bata Hebel?
Bata Hebel AAC diproduksi memakai teknologi & mesin mutakhir dari Jerman dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia.Hebel AAC diproduksi dengan mengikuti standar Internasional seperti DIN,ASTM,BS,AS/NZ, ISO.
Berapa banyak blok Hebel dibutuhkan untuk 1 m2?
Dibutuhkan 8,33 blok.

Hebel AAC tersedia dalam berapa ukuran?
Ukuran blok standar adalah 60cm Panjang x 20cm Tinggi x 10cm Tebal. dan tebal 7.5cm
Seberapa awet produk Hebel AAC?
Bata Hebel AAC memiliki durabilitas jangka panjang minimal sama dengan batu bata biasa.
Apakah Hebel AAC produk yang ramah lingkungan?
Ya ,Bata Hebel AAC adalah produk yang ramah lingkungan sebagai bukti Bata Hebel AAC telah memperoleh sertifikasi Green Label dari Dewan Lingkungan Hidup Singapura.Dengan memakai material daur ulang.Hanya menggunakan 1/3 energi untuk memproduksi volume yang sama dibanding batu bata biasa dan 1/4 energi untuk memproduksi semen.

Dalam proses produksi tidak ada sampah & gas racun yang dikeluarkan karena bahan bakunya hanya semen,pasir silica,kapur. Dengan demikian hasil akhir produk Hebel AAC adalah material yang anorganik yang tidak mengandung racun dan bahan yang berbahaya.
Seberapa baikah kekuatan Hebel AAC terhadap api?
Bata Hebel AAC memiliki daya tahan 4 jam terhadap api.Telah di uji tes sesuai dengan standar BS 476.Dan telah memperoleh sertifikasi dari SIRIM (Malaysia),TUV-SUD-PSB (Singapura) dan juga telah diakui oleh Warrington Fire (Australia).
Berapakah berat bersih 1 blok Hebel AAC?
Berat per blok kira-kira 5-8 kg/blok.
Apakah Hebel AAC memiliki petunjuk pemasangan?
Ya, Anda bisa melihat cara pemasangan Bata Hebel AAC melalui video instalasi atau membaca buku petunjuk teknis untuk memperoleh pemahaman singkat.

(B) Pertanyaan teknis dari kontraktor/pemborong

Apakah Bata Hebel AAC bisa dipasang menggunakan semen biasa?
Untuk hasil daya rekat yang lebih baik,Kami merekomendasikan untuk memakai mortar (semen instant) perekat bata ringan jenis Thin Bed yang saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran.
Berapa banyak perekat bata ringan yang dibutuhkan bila membangun memakaI Bata Hebel AAC?
1 Sak perekat bata ringan pada umumnya dikemas dalam kemasan 40 kg. Dapat digunakan untuk membangun dinding seluas 25 m2 dengan ketebalan perekat 75-150mm.
Membangun dinding dengan menggunakan Hebel AAC apakah akan terbebas dari retak?
Untuk menghindari retak pada dinding harus mengikuti cara-cara pemasangan yang benar mulai dari saat penyusunan blok,pemakaian aksesoris yang tepat hingga pengaplikasian mortar yang benar. Untuk memperoleh hasil yang baik dan tanpa retak disarankan untuk menggunakan aplikator yang berpengalaman.
Apakah harus memakai acian/skimcoat pada dinding Hebel AAC?
Skimcoat/acian dibutuhkan untuk membuat permukaan dinding menjadi lebih halus, mengura-ngi plamir dan menghemat pemakaian cat.
Seberapa tebal pengaplikasian skimcoat/acian tersebut?
Skimcoat/acian cukup diaplikasikan dengan ketebalan rata-rata 2 mm.
Untuk memplaster dinding Hebel AAC apakah bisa memakai cara konvensional?
Tidak,karena memplaster dengan memakai semen/cara konvensional dapat mengakibatkan dinding mudah retak karena adanya perbedaan tingkat muai-susut antara semen dengan blok Hebel AAC.Disarankan untuk plasteran harus menggunakan mortar jenis base plaster atau jenis Render.
Apakah mesh dibutuhkan pada saat memplaster dinding Bata Hebel AAC?
Ya, mesh dibutuhkan terutama pada lokasi yang rawan seperti bukaan untuk jendela atau pintu. Petunjuk pemasangan mesh terdapat pada manual teknikal Hebel AAC.
Bagaimana dengan kuat tekan/compressive strength dari bata Hebel AAC?
Kuat tekan Hebel AAC dibuat sesuai dengan kebutuhan bangunan.Spesifikasi standar sekitar 3N/mm2 atau 3Mpa.
Apakah blok yang basah bisa dipasang setelah terkena air hujan?
Tidak, seperti material bangunan pada umumnya ,produk harus dikeringkan terlebih dahulu.
Apakah saya harus mengaplikasikan waterproofing pada dinding Bata Hebel AAC?
Ya, terutama pada daerah basah seperti kamar mandi,gunakan pelapis tekstur akrilik pada permukaan untuk mencegah rembesan air.Seluruh blok Hebel AAC yang terletak pada lantai harus diaplikasikan waterproofing membrane.
Dapatkah saya menggunakan Bata Hebel AAC di kamar mandi?
Ya, Hebel AAC umumnya digunakan untuk memblokir paku-paku di sekitar bak mandi.catatan, itu harus dilapisi dengan membran tahan air yang sesuai..

41 komentar:

  1. yang anda maksud WATERPROOFING MEMBRAN itu seperti yg biasa dipakai di tembok bagian luar untuk mencegah rembesan air kedalam rumah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya waterproofing membran itu bentuknya roll 2an dengan lebar sekitar 20 cm dan panjang brp meter gitu, kalau dijual di toko modern bahan bangunan saya lihat ada dari merk sika, dsb
      Tetapi saya nggak yakin aplikasi di hebel bagaimana, krn setahu saya pada bata merah cukup di sudut dan siku2 dinding, lalu untuk plesteran dinding pakai tambahan tertentu yg sifatnya waterproof, kalau ga salah ada dari merk am atau mu
      Masalahnya kan hebel bisa langsung plester dgn mortar instant, nah aplikasi waterproofing nya bagaimana saya juga bingung krn saya google2 sifat hebel dibanding bata merah, bata merah lebih kuat tahan rembesan air, jadi rencana saya pakai bata merah utk kamar mandi dan dinding luar

      Hapus
    2. Sorry lupa informasikan, saya pakai waterproofing membran hanya untuk di kamar mandi saja, terutama paling penting kamar mandi lantai 2 untuk mencegah rembesan air ke lantai 1
      Coba deh youtube aplikasi waterproofing membran pada kamar mandi

      Hapus
  2. Dan yang anda maksud plesteran dinding secara kovesional itu pleteran memakai semen biasa dengan pasir yg biasa digunakan di tembok bata merah ya?
    Kalau itu benar, boleh ga kalau saya memakai pasir dan semen biasa tapi dicampur dengan semen istan (mortar)? apa hasilnya bisa mendekati sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya maksudnya plesteran konvensional ya begitu ya.

      Setahu saya semen instant sih nggak dicampur lagi dengan pasir dan semen konvensional macam tiga roda, Gresik krn semen instant sudah mengandung semen dan pasir pilihan

      Setahu saya untuk plesteran dinding konvensional dgn bata merah, selain pasir dan semen, pada plesteran kamar mandi bisa ditambahkan bahan tambahan untuk membuat plesteran tahan air, misal dari merk damdex, dsb

      Hapus
  3. ongkos menggunakan jasa aplikator berpengalaman biasanya berapa???

    BalasHapus
  4. Kami pengumpul oli bekas jika ada yang membutuhkan oli bekas untuk kebutuhan industri anda kami siap berkerjasama dengan perusahaan anda
    jika berminat bisa hubungi saya di 082113158060
    terimakasih

    BalasHapus
  5. Berapa m2 kah seorang tukang dapat menghasilkan/mengerjakan pasangan bata aac dalam 1 hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seorang tukang yg tlah mendapat sertifikat skill. dalam sehari dapat mengaplikasikan bata hebel 20. mt untuk ukuran 20x60x7.5 dan 16 mt untuk 10x60x20. blm termasuk cor dal dalam pekerjaan 11 layer atau 2.20 ke bawah setelah bata hebel di pasang 11 layer (2.20cm) biasanya di pasang ringbalk dngan ukuran 10cm .tebal menyesuaikan ukuran bata hebel knapa .harus ada ring balk ring balk fungsinya untuk menahan getaran dan beban batahebel selanjutnya nah....di atas ring balk rata 2.tkang dapat mengaplikasikan btahebel sekitar 12mt dan yg ppaling harus di perhatikan cara pemasagan harus pakai trowel hati hati apalagi rumah sendiri

      Hapus
  6. Berapa harga/m3,bayar cash

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga 560rb /m3 gan,..info lanjut hub 085218480740.tq

      Hapus
    2. harga 560rb /m3 gan,..info lanjut hub 085218480740.tq

      Hapus
  7. Knp ada bata ringan yg berat dan yg ringan kl yg ringan biasane mudah patah tp g g berat g mudah patah ? bagus mana ?

    BalasHapus
  8. Knp ada bata ringan yg berat dan yg ringan kl yg ringan biasane mudah patah tp g g berat g mudah patah ? bagus mana ?

    BalasHapus
  9. Kami pengumpul oli bekas jika ada yang membutuhkan oli bekas untuk keperluan industri anda, kami siap berkerjasama dengan perusahaan anda
    jika berminat bisa hubungi saya di 081318803588
    terimakasih

    BalasHapus
  10. salam kenal kami prodoksi penggilingan batu kapur jenis kaolin ..kapur bakar powder dan caco3.kelembutan sesuai dengan permintaan ..info bisa call/sms oni di 08175750078.

    BalasHapus
  11. salam kenal kami prodoksi penggilingan batu kapur jenis kaolin ..kapur bakar powder dan caco3.kelembutan sesuai dengan permintaan ..info bisa call/sms oni di 08175750078.

    BalasHapus
  12. Selamat pagi saya mau tanya

    Pembangunan rumah saya awalnya adalah menggunakan hebel atau bata ringan..
    Tapi sekarang saya ingin merenovasi rumah saya untuk dijadikan dua lantai,
    Apakah saya harus merombak total seluruh bangunan saya dan menggantinya dengan bata merah
    Dan baru dilantai dua menggunakan hebel..

    Karna ada beberapa masukan katanya bata ringan tidak kuat untuk dijadikan fondasi rumah..
    Mohon info, terimakasih

    BalasHapus
  13. Apakah hebel bisa di aplikasikan untuk lantai kamar mandi....?
    dan kalo bisa bagaiman caranya supaya hebel tidak rontok,jamur dan menjaga tektur aslinya yang tidak licin...?

    BalasHapus
  14. Pagi.. Saya membuat sepitank dg hebel.. Apakah hebel kuat terendam air?apa mudah rapuh? Mohon pencerahannya terima kasih

    BalasHapus
  15. Kalo buat sepiteng bisa ga ya pake hebel?Terus perlu di plester ga mas?thx

    BalasHapus
  16. Kalo buat sepiteng bisa ga ya pake hebel?Terus perlu di plester ga mas?thx

    BalasHapus
  17. Lau bikin rumah dengan luas kamar mandi ruang tamu dapur sama dua kamar..luas atau tidak luas nya..kira2 cukup gak dngan menggunakan seribu biji batu bata herbel..tolong ya inpo nya..

    BalasHapus
  18. Apakah jenis cat untuk mengecat bata hebel? Apakah bisa menggunakan cat tembok biasa?

    BalasHapus
  19. Apakah jenis cat untuk mengecat bata hebel? Apakah bisa menggunakan cat tembok biasa?

    BalasHapus
  20. Maaf pak dinding rumah saya pakai hebel trs untuk plester dinding nya sebaiknya saya pakai apa ya? Apa pakai semen konvensional apa pakai semen khusus plester hebel( mortal)

    BalasHapus
  21. hallo.. mau bertanya, apabila kolom tidak terisi semen khusus, efeknya apa ya? apakah masih bisa diakali? terima kasih banyak...

    BalasHapus
  22. Mohon maaf yaa banyak komen yg tak terbalas krn notif sering ketumpuk, so..yg mau tanya2 bisa langsung watsap/telp ke 0821 5355 0134 atau 0852 1848 0740

    insha Allah Fast Respon, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum pak mau tanya... Dinding bata hebel masih polos belum di plaster atau di aci,,, jika lsg di aci tanpa dplester apa bisa lsg dcat setelah kering?

      Hapus
  23. Apakah kuat bata habel di pasang pada bangunan 2/3lantai

    BalasHapus
  24. Maaf berpa lama kuat umur pakai bata ringan ya pak?

    BalasHapus
  25. Maaf berpa lama kuat umur pakai bata ringan ya pak?

    BalasHapus
  26. Maaf apakah lem perekat hebel untuk tembok jugo bisa buat mengACInya sekalian..??
    maaf kurang tau

    BalasHapus
  27. Saya bekerja d sebuah pabrik bata ringan(bagian boiler).bata yang d hasilkan kurang maksimal,terbukti hasil uji tekan 2,7.bagaimana cara untuk memperbaikinya?

    BalasHapus
  28. Jika sdh trpasang ,ternyata ada hebel yang bagian bawah tidak lengket..
    Apa bisa langsung di lem tanpa membersihkan lem yang sudah menempel sebelumnya di batu hebelnya

    BalasHapus
  29. hidup zero waste semoga kedepannya bisa kita mengurangi bahkan berhenti untuk pengunaan sampah

    BalasHapus
  30. Mw tanya Min
    Apakah hebel bisa dicat langsung. Ini mw nembok lantai 2. Karena kanan kiri sudah mepet rumah orang, mw plester kayakya g mungkin.

    BalasHapus
  31. amankah dinding bata ringan tanpa plester bgian dalam tapi dilapis dengan semacam gypsum,
    Saya ingin berkreasi penggunaan dinding bata ringan ekspos dan bagaimana cara fiinishingnya yang bagus, Terima kasih.

    BalasHapus
  32. Apakah bisa dinding hebel di plaster pakai campuran /adukan konvensional (semen,pasir biasa) ??

    BalasHapus

 

SID - Properti

software developer properti, sisem informasi developer,informasi properti, program informasi developer properti

50.000 contoh Desain Properti

Inspirasi Desain Properti,desain rumah minimalis,3D desain minimalis terbaru, desain rumah mewah, desain townhouse, desain ruang minimalis, denah rumah minimalis

Kelengkapan Bisnis Properti

belajar properti,developer properti indonesia,developer properti terbaik, developer properti tanpa modal, belajar bisnis properti developer